Pelari di Boston Maraton

Tiga pelari maraton Tiongkok terkena hukuman dilarang bertanding seumur hidup setelah terbukti curang di Boston Marathon pada hari Senin kemarin.

Seorang pelari memberikan tanda identifikasinya kepada orang lain, sedangkan dua pelari lainnya menggunakan sertifikat palsu untuk mendaftar lomba.

Asosiasi Atletik Tiongkok (CAA) telah bersumpah untuk memberantas kecurangan yang selama ini memberikan nama buruk kepada negara.

Olahraga lari berkembang pesat di Cina, tahun lalu saja terdapat 1.500 acara lari dibandingkan dengan hanya 22 acara di tahun 2011.

Lebih dari 500 pelari Cina ambil bagian dalam maraton di Boston.

Dengan meningkatnya popularitas, meningkat pula kasus kecurangan, seperti peserta yang mengambil jalan pintas dan seorang wanita yang menumpang sepeda untuk menyelesaikan sebagian balapannya di Tiongkok.

CAA mengatakan mereka melarang tiga pelari tersebut mengikut kompetisi seumur hidup dari semua ajang lomba karena mereka memberikan "dampak negatif" pada Tiongkok di komunitas internasional.

Kantor berita Xinhua mengatakan asosiasi olahraga akan terus menindak semua jenis kecurangan di maraton "untuk membangun lingkungan jalan yang sehat dan bersih di Tiongkok".