Sebagai orang Indonesia, siapa yang tak mengenal Jonatan Christie? Seiring dengan berlangsungnya ajang Asian Games 2018, kita tentu lebih mengenalnya dan melihat aksi-aksinya di lapangan bulutangkis. Seperti yang sudah kita ketahui, Jonatan Christie yang akrab disapa Jojo berhasil meraih medali emas Asian Games 2018. Nah, tanpa diketahui banyak orang, pada tahun 2009, sang juara peraih medali emas Asian Games ini ternyata pernah bermain film bertema bulu tangkis. Ketika itu Jojo masih belia berusia 12 tahun. Kevin Sanjaya Sukamulyo, pebulutangkis yang kini berpasangan dengan Markus Gideon, turut juga bermain dalam film tersebut.

Gambar 1. Jonatan Christie

Film tersebut berjudul the King yang bergenre drama olahraga. Jojo memainkan tokoh antagonis bernama Arya, seorang bocah yang menjadi musuh Guntur (Rangga Raditya). Guntur, yang mengidolakan Lim Swie King, bercita-cita menjadi juara bulutangkis.

Film ini disutradarai oleh Ari Sihasale. Beberapa aktor lainnya yang turut mengambil bagian dalam film ini yaitu Surya Saputra, Wulan Guritno, Ariyo Wahab, dan Valerie Thomas. Film The King berhasil meraih Piala Citra untuk kategori tata musik terbaik. Karenanya, saat menonton film ini, kita tentunya kita akan merasakan atmosfer suasana drama. Keberhasilan Jojo membuat haru sang sutradara film The King. Melalui akun pribadinya, sang sutradara merasa bangga dan haru atas keberhasilannya.

Nah, penasaran bagaimana wajah belia seorang Jonatan Christie dan Kevin Sanjaya Sukamulyo? Dan juga, bagaimana perjuangan Guntur untuk menjadi juara dunia bulu tangkis serta bagaimana peran antagonis Jojo? Lekas tonton film The King...

Film The King tak mencerminkan kehidupan nyata atau bukan true story. Dalam kehidupan nyata, Andreas Adi Siswa, ayah Jonatan Christie, memang sangat mendukung karier bulutangkis sang anak. Sang ayah selalu memperhatikan asupan gizi untuk sang anak. Sang ayah rutin memberinya 500 gram daging dan susu yang cukup saat Jojo berusia kecil sehingga tubuh Jojo atletis saat ini. Bahkan, sang ayah pun mesti rela menjual mobilnya untuk mendukung karir bulutangkis sang anak. Kini, dengan berhasilnya Jojo meraih medali emas Asian Games 2018, tentunya mewujudkan harapannya sang ayah dan juga cita-citanya.

Sebelum pertandingan final, sang ayah berpesan kepadanya agar berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Setelah bermain tiga set melawan Chou Tien Chen, Jojo berhasil memenangkan pertandingan. Setelah pertandingan selesai, Marlanti Djaja, sang ibunda menghampiri sang anak lalu merangkulnya. Jojo menuturkan bahwa ibunya berkata kepadanya bahwa terima kasih telah memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Ibunya pun berpesan agar tak lupa bersyukur dengan semua hasil yang didapat serta abaikan komentar negatif.

Semoga Jonatan Christie kembali meraih prestasi yang mengharumkan bangsa Indonesia. Seiring dengan prestasi Jojo, masa depan prestasi tunggal putra badminton akan kembali terangkat.

Oleh: Rahadian

(mas_rahadian@yahoo.co.id)

Referensi:

  • https://lipsus.kompas.com/pestaasia/read/2018/08/29/11450378/8-fakta-jonatan-christie-pernah-main-film-king-hingga-senang-musik
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/King_(film)
  • http://bangka.tribunnews.com/amp/2018/08/28/tubuh-berotot-jonatan-christie-jadi-sorotan-ternyata-sang-ayah-rutin-beri-makanan-ini-sejak-kecil?page=3
  • https://m.kumparan.com/@kumparansport/jadi-juara-jonatan-christie-wujudkan-mimpi-sang-ayah-1535463579030275689
  • https://www.indosport.com/raket/amp/20180829/jonatan-christie-juara-sutradara-film-king-turut-bangga

Gambar:

  • https://bwfbadminton.com/wp-content/uploads/2017/06/Indonesia-Open-2017-Day-3-Jonatan-Christie-Indonesia.jpg

Lihat juga: