Jakarta - Piala Dunia Basket 2023 dipastikan akan menjadi sebuah sejarah baru untuk Indonesia, dikarenakan untuk pertama kalinya digelar di beberapa negara. Sebelumnya, selalu digelar di satu Negara. kejuaraan benua basket FIBA digelar pada 2014 di Spanyol, Bahkan, tuan rumah Piala Dunia Basket 2019 sudah ditentukan, yaitu di Republik Rakyat Tiongkok. dan kali ini Indonesia pertama dalam sejarah basket, pada tahun 2023 nanti Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket bersama Jepang dan Filipina setelah melewati putaran final pemilihan tuan rumah FIBA 2023 di Jenewa, Swiss, Sabtu (9/10/2017).

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket pada 2023 - Sumber Gambar

“Kemenangan ini bukan kemenangan Perbasi, tapi bangsa Indonesia dan orang yang cinta basket Indonesia. Jika diberi kepercayaan, tentu kami menjawab dengan tanggung jawab untuk melaksanakan penyelenggaraan dengan baik,” ujar Danny Kosasih kepada awak media, Minggu (10/12/2017).

Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA), Erick Thohir, menyatakan bahwa keputusan FIBA secara resmi menunjuk Indoensia menjadi tuan rumah kejuaraan basket dunia bersama Filipina dan Jepang merupakan sebuah kepercayaan besar dan penghargaan bagi Indonesia, khususnya untuk peningkatan Olahraga Basket Tanah Air.

Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) Erick Thohir- Sumber Gambar

“Ini bentuk kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia. Kami harus menjawab kepercayaan ini dengan menjadi tuan rumah yang baik dan Hal ini juga sejalan dengan keinginan pemerintah yang ingin lebih sering menggelar kejuaraan internasional” ucap Erick.

Menurut Erick, keberhasilan ini juga membuka peluang Indonesia menjadi tuan rumah ajang olahraga yang lebih tinggi dan bergengsi lainnya seperti Olimpiade maupun piala dunia sepak bola di masa mendatang.

Sumber referensi: www.bolasport.com