Mobile legend adalah permainan pertarungan yang sarat akan strategi. Untuk memenangkan sebuah permainan, setiap tim harus memiliki kerjama yang baik dalam menjalankan skema formasi yang sudah direncanakan.

Setiap tim memiliki formasi dan gaya permainannya masing-masing. Hal unik dari mobile legend adalah kecepatan, ketepatan, dan time adalah yang paling utama.

Banyak para player baru yang tidak paham akan adanya hal ini. Bermain tanpa formasi yang jelas, membuat tim mu akan sangat mudah untuk di tekan oleh tim lawan. Hal ini pula yang menyebabkan kamu kelabakan jika bermain.

Adapun formasi yang paling populer dipakai oleh para pemain mobile legend adalah sebagai berikut.

Formasi 212

Formasi ini adalah mode bertahan dengan menempatkan 1 hero di midle. Biasanya hero-hero core seperti assasin dan marksman, cenderung ditempat di posisi ini. Hero-hero core tersebut ditempatkan diposisi mid karena membutuhkan gold yang cepat.

Adapun kekurangan dari formasi ini adalah kelemahan di midle nya. Dengan menempat 1 hero di mid, kemungkinan terbesar untuk gangking di mid sangat berpotensi terjadi. Umumnya hero-hero pengganggu yang bagus digunakan jika melakukan rotasi ke mid adalah chow, aurora, natalia, serta vexana.

Ini adalah tipe-tipe hero yang sangat suka untuk membuat kejutan lawan di posisi mid.

Formasi 113

Formasi ini adalah mode menyerang dengan menempatkan 3 hero pada wilayah yang menjadi kelemahan musuh. Umumnya hero yang dibiarkan solo adalah jenis hero core yang membutuhkan gold banyak.

Kelemahan formasi ini adalah sangat mudah untuk dikacaukan oleh tim lawan. Jika berhadapan dengan hero seperti Minotaur, Gatot Kaya atau Martis, kemungkinan untuk gagal dalam melakukan penyerangan sangat mungkin terjadi.

Selain itu, kelemahan dari formasi ini sangat mudah untuk kehilangan turret.

Formasi 401

Formasi ini sering dipakai oleh squad proffesional seperti Evos, RRQ, serta Louvre. Ini adalah mode penyerangan total dengan menempatkan 4 hero pada 1 line untuk melakukan penyerangan secara mendadak.

1 Hero akan ditempatkan untuk tetap menjaga lane lainnya yang kosong. Hero yang cocok untuk menjaga lane adalah martis, hayabusa, natalia, serta akai.

Tipe formasi ini sama sekali memiliki pertahanan yang lemah namun juga memiliki serangan yang kuat. Umumnya, banyak tim yang merelakan kehilangan satu atau dua turret saat menggunakan formasi ini.

Demikian beberapa jenis formasi yang sering dipakai oleh tim mobile legend. Apakah kamu memiliki formasi khusus ? Beritahukan di komentar.

Oiya, jangan lupa untuk vote dan follow untuk mendapatkan update dari saya.