Apakah kita sering merasakan stres apa lagi stres berat? Terlebih, bila kita memiliki aktivitas harian melelahkan dan segudang pekerjaan? Siapapun tak ingin merasakan stres apa lagi stres berat. Bila sering merasakannya, untuk membunuh stres dan agar terhindar dari stres, dapat mencoba berolahraga bersepeda. Menurut beberapa penelitian dan para pakar, bersepeda bermanfaat juga untuk merilekskan diri. Lalu, mengapa demikian?

Neil Shah, seorang peneliti dari Stres Management Society, menuturkan bahwa bersepeda menjadi salah satu cara efektif untuk menghilangkan stres. “Bersepeda adalah salah satu pengobatan efektif untuk stres”, tutur Neil Shah. Penelitian America College of Sport Medicine pun menemukan hal serupa. Menurut penelitian mereka, bersepeda menjadi aktivitas yang memacu hormon serotonin, dopamin. Kedua hormon ini berhubungan dengan suasana hati yang bahagia dan senang.

Gambar 1. Bersepeda

Bersepeda pun akan menormalkan aliran oksigen ke otak. Karenanya, akan mencegah merasakan stres. Salah satu hal yang menyebabkan stres yaitu kurangnya pasokan oksigen ke otak. “Bersepeda memacu aliran darah dan oksigen ke otak”, tutur Profesor Arthur Kramer, seorang peneliti dari Universitas Illinois. “Kekurangan aliran oksigen ke otak akan semakin menambah stres”, tutur Neil Shah.

Selain membantu pasokan oksigen ke otak, bersepeda pun membantu kita tidur dengan cukup. Terkait stres, bila durasi waktu tidur kita berkurang meski hanya sejam setiap malam, berisiko mengakibatkan stres. Sebabnya, menurut Jim Horne, peneliti dari Sleep Research Center Loughborough Inggris, berkurang durasi waktu tidur selama sejam akan memacu kerja hormon kortisol. Hormon ini berhubungan dengan rasa stres. Nah, untuk membantu agar kita tidur dengan cukup, bersepeda dapat menjadi pilihan. Sebabnya, bersepeda menjadi aktivitas yang membantu kita mudah tertidur. Bila kita sulit tidur, tak ada salahnya mencoba olahraga bersepeda.

Dengan bersepeda, kita pun akan terhindar dari berbagai emosi negatif. Misalnya, pesimis, tak percaya diri, dan sebagainya. Emosi-emosi negatif tersebut, secara psikologis, memang mengakibatkan stres. Terkadang, emosi-emosi tersebut muncul dalam diri kita. Nah, bersepeda membantu suasana hati kita agar selalu good mood. Bila suasana hati ceria, tentunya akan terhindar dari stres berat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bersepeda memacu kinerja hormon dopamin dan serotonin. Kita pun lebih nyaman dan fokus melakukan berbagai aktivitas, bila merasa senang dan ceria.

Kesimpulannya, tak dapat dipungkiri berolahraga bersepeda dapat menjadi obat alternatif untuk membunuh stres. Nah, bila belum terbiasa melakukan olahraga ini, tertarikkah melakukannya? Bila tertarik, selamat berolahraga bersepeda. Di pasaran, tersedia sepeda dengan harga bervariatif. Agar pikiran lebih rileks dan segar, tak ada salahnya berolahraga bersepeda secara rutin. Agar lebih asyik bersepeda, tak ada salahnya mengajak rekan ataupun keluarga kita bersepeda bersama. Sekali lagi, selamat bersepeda…

Oleh: Rahadian

(mas_rahadian@yahoo.co.id)

Referensi:

  • https://www.bikeradar.com/gear/article/cycle-away-from-stress-22726/
  • https://www.bikeradar.com/gear/article/why-cycling-makes-you-happy-25607/

Gambar:

  • https://cdn-cyclingtips.pressidium.com/wp-content/uploads/2015/02/800_0066.jpg

Lihat juga: