https://www.lifeextension.com/Protocols/Neurological/Carpal-Tunnel-Syndrome/Page-01

Hallo teman teman, saya sudah pernah memberikan sedikit info mengenai cedera yang bisa timbul akibat terlalu banyak bekerja di depan pc ataupun main game. Di sini saya ingin membahas lebih detail salah satu cedera, yaitu Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Apa Itu Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel itu sendiri merupak jalur sempit yang berada pada pergelangan tangan dengan ujung terbuka di telapak tangan. Saraf Median yang melalui jalur ini berfungsi untuk memberikan rangsangan sentuhan pada telapak ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah jari manis. Selain memberikan sensasi perasa, berguna pula untuk memberikan tenaga pada otot tangan untuk menjepit sebuah benda.

Tanda dan Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Banyak orang awam yang tidak mengenal dengan syndrome ini, mereka hanya berpikir seperti kesemutan biasa atau seperti mengalami kaku di bagian jari-jari tangan. Terutama di 3 jari yaitu Ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Gejala nya bahkan bisa memburuk pada kondisi tengah malam. Kasus syndrome ini sangat sering ditemukan pada pasien pengguna gadget yang tidak memperhitungkan posisi tangan. Ketika terjadi pembengkakan pada bagian saraf, atau tendon, atau bahkan keduanya saraf median akan tertekan dan menyebabkan kondisi Carpal Tunnel Syndrome. Atau dengan kata lain Saraf Median yang berfungsi untuk menyampaikan pesan (signal) ke otak untuk melakukan pergerakan tangan dan koordinasi jari-jari menjadi terhambat. Selain tidak memperhatikan posisi tangan Syndrome ini juga bisa timbul karena melakukan pekerjaan yang sama berulang ulang dalam jangka waktu lama tanpa mengistirahatkan terlebih dahulu tangan anda, seperti mengetik, menulis, ataupun menjahit. Tanda-tanda dan Gejala dari Carpal Tunnel Syndrome ini banyak yang sering salah mengartikan, berikut gejala syndrome CTS

• Nyeri, kesemutan di pergelangan tangan, dan jari-jari

• Adanya rasa tidak nyaman pada lengan atas dan bahu

• Rasa nyeri di perparah jika tangan diputar

• Daya genggam telapak tangan melemah

Faktor Resiko

Ada beberapa hal yang meningkatkan resiko terkena Carpa Tunnel Syndrome ini, yaitu :

• Carpal Tunnel lebih banyak ditemukan pada wanita, tetapi bukan tidak mungkin juga terjadi pada pria.

• Perubahan keseimbangan cairan tubuh

• Faktor tempat kerja, seperti contoh nya bekerja dengan menggunakan alat bergetar atau di pabrik.

• Kondisi Diabetes dapat meningkatkan resiko kerusakan saraf terutama Saraf Meridian.

• Kondisi bengkak termasuk Rheumatoid Arthritis dapat mempengaruhi tendon pergelangan tangan, dan dapat meningkatkan tekanan pada saraf meridian.

Mengurangi Rasa Sakit Carpal Tunnel Syndrome

Rasa nyeri yang ditimbulkan dari CTS ini memang sangat tidak nyaman, berikut beberapa tips untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan

• Kompres di bagian yang mengalami rasa sakit dengan menggunakan batu es, batu es tersebut dimasukan kedalam plastic lalu dibungkus dengan handuk dan diletakan di tempat yang mengalami rasa nyeri.

• Memijat tangan dan pergelangan tangan merupakan salah satu cara efektive untuk mengurangi gejala CTS ini. Pijatan ini bisa membantu untuk meningkatkan peredaran darah, mengendurkan otot yang kaku, meningkatkan mobilitas dan mengurangi rasa sakit.

• Therapy Akupuntur berguna untuk mengembalikan fungsi saraf dan memberikan pertolongan pada rasa sakit.

• Latihan peregangan sangat bagus untuk melenturkan, memutar, dan meregangkan tangan. Peregangan tangan ini sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Cara pertama anda bisa bisa mengepalkan tangan, lepaskan dan kibas jari tangan anda, lakukan 5 sampai 10x. Kibaskan tangan anda seolah olah anda mencoba mengeringkannya di udara, dan lakukan setiap 5 menit sekali.

Pengobatan Carpal Tunnel

Jika pengobatan non bedah sudah dilakukan dan tidak berhasil menyembuhkan atau mengurangi efek dari CTS ini, prosedur operasi bisa dilakukan. Dilakukan dengan system rawat jalan tanpa pasien menginap di rumah sakit ada dua teknik yang berbeda, yaitu :

• Operasi Endoskopi. Operasi ini merupakan prosedur bedah CTS dengan menggunakan tabung panjang dengan sinar di salah satu ujung dan ujung lainnya terdapat lensa. Prosedur ini memberikan rasa sakit yang lebih sedikit ketimbang operasi terbuka.

• Operasi Terbuka. Operasi ini dilakukan dengan memotong urat karpal untuk mengurangi tekanan pada saraf median di pergelangan tangan. Waktu pemulihan nya pun leboh lama dibandingkan endoskopi.

So Guys yang sekarang masih getol dengan gadget entah update Medsos, atau ntah melakukan apa pun coba lah untuk mengistirahatkan sejenak tangan anda.