https://www.popbela.com/beauty/health/jennifer-a-tanjung/olahraga-penurun-berat-badan/full

Di jaman sekarang masih banyak yang tidak peduli dengan kesehatan, padahal sehat itu mahal. Bayangkan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk check ke dokter, belum biaya untuk membeli obatnya. Di Era Modern sekarang seperti ini, kita bisa mendapatkan info apa pun di internet. Tetapi banyak yang malas mencari, dan salah pelaksanaannya. Saya sendiri mengenal beberapa orang di salah satu tempat gym, ada yang badannya tidak mengalami perubahan, dan banyak yang mengeluh kok sudah olahraga hamper setiap hari tetapi tidak ada perubahan sama sekali. Nah ini yang mempunyai mindset yang salah teman. Bukan frekuensi dari olahraga, tetapi kualitas dari olahraga yang kalian lakukan yang membawa efek. Ibarat kata investasi kesehatan di masa depan, jangan cuma investasi di harta saja, tapi pas tua sakit. Kan ujung-ujung nya kalian sendiri yang tidak bisa menikmati masa tua anda. Tetapi ingat untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal bukan hal yang instant, butuh proses dan kalian harus konsisten dan menikmati proses tersebut.

Untuk membuat olahraga anda menjadi lebih efektive, saya mempunyai beberapa masukan yang saya coba sendiri. Karena dahulu juga saya mempunyai masalah di berat badan. Dan berikut beberapa masukan :

• Konsisten & Komitment

Jika anda benar-benar ingin mengubah bentuk badan anda, anda harus sangat konsisten saat mulai menjadwalkan olahraga di sela sela aktivitas anda. Anda juga harus komitment, jangan pada saat di tengah jalan anda stop karena anda merasa tidak ada perubahan. Padahal anda baru mulai berolahraga 2 / 3 bulan sebelumnya. Ingat tidak ada hal yang langsung instan, Mie aja harus dimasak terlebih dahulu. Padahal jelas jelas namanya mie instan.

• Kualitas Olahraga

Kualitas dari olahraga itu sendiri memegang peranan penting dalam hal keefektifan anda melakukan olahraga. Karena sangat lebih berguna anda menghabiskan waktu hanya sekitar 45 menit dengan focus olahraga (tanpa ngobrol / gossip,dan tanpa pegang gadget apapun itu) daripada anda menghabiskan waktu sampai 2 jam tetapi olahraga yang anda lakukan tidak berkualitas. Karena lebih lama waktu istirahat daripada olahraga itu sendiri. Karena misalkan anda sedang olahraga weight training, setelah anda melakukan set pertama, dan anda istirahat dengan jeda sampai 15 / 20 menit. Tubuh anda akan dingin kembali. Maksud dingin di sini adalah kondisi tubuh yang membutuhkan penyesuaian pada saat angkatan pertama. Dengan kondisi tubuh dingin seperti itu anda akan rentan dengan cedera.

• Waktu Istirahat

Waktu Istirahat merupakan proses recovery yang merupakan pillar penting dari rencana latihan yang sukses. Jika waktu istirahat kita kurang, maka program yang kita rencanakan akan mengalami kegagalan. Istirahat sama pentingnya dengan olahraga. Karena pada saat olahraga, tubuh mengeluarkan hormon bernama kortisol. Satu sisi hormon ini mempunyai manfaat buat tubuh seperti menyiapkan energy dengan cara meningkatkan gula darah dan mencegah insulin untuk bekerja dan mengubahnya menjadi glikogen. Namun ketika hormone kortisol ini berlebihan, maka kortisol bisa menyebabkan penambahan berat badan, yang merupakan efek tidak langsung dari depresi. Lemak juga terlihat lebih banyak disimpan di daerah perut.

• Kontrol Asupan Makanan

Setelah sesi olahraga, banyak orang dengan mindset ingin membalas dendam rasa lapar yang timbul setelah olahraga dengan makan enak dan porsi banyak. Mereka berpikir untuk mengganti kalori yang keluar saat olahraga, bahkan malah asupan kalori bisa lebih banyak jika makan membabi buta. Ada juga yang mempunyai mind set tidak makan setelah olahraga pula itu salah. Asupan kalori setelah olahraga itu penting karena untuk recovery stamina dan otot yang sedang mengalami fatique. Tetapi perlu diperhatikan asupan makananyang masuk. Setelah 45 menit anda selesai olahraga konsumsi lah makanan dengan porsi karbohidrat complex dan makanan yang mengandung protein tinggi. Jika anda mengalami masalah berat badan over weight kurangi karbohidrat dan perbanyak protein. Bukan berarti tidak konsumsi karbohidrat sama sekali.

• Variasi dan kombinasi

Badan mempunyai kelebihan yang sangat unik, yaitu bisa dengan cepat menyesuaikan dengan aktivitas sehari hari. Cobalah untuk melakukan variasi latihan setelah dua bulan berjalan. Seperti contoh nya selama dua bulan pertama anda melakukan weight training saja (dengan berat maximal), di bulan ke 3 kombinasi kan dengan cardio selama dua bulan. Jadi jangan membiarkan tubuh anda adaptasi, karena jika tubuh sudah adaptasi maka tubuh tidak akan mengalami perubahan lagi. Sama seperti dengan pola diet anda, selalu ubah terus pola diet anda.