http://ergonomi-fit.blogspot.com/2015/05/pencegahan-cedera-regangan-berulang.html

Hallo teman teman semua, apa kabar semua?. Pasti sehat semua kan, anyway sudah masuk musim hujan teman. Tetap Jaga kesehatan, hati hati dalam berkendara ya. Kali ini saya ingin membagikan sedikit info cedera yang bisa timbul jika kita terlalu menatap lama PC (kondisi pekerja yang sangat super sibuk) atau terlalu lama bermain game (anak muda jaman now). Langsung saja to the point guys

• Collapsed Lung

Collapsed Lung atau mempunya nama lain di kedokteran sebagai Pneumotorax. Pneumotorax ini adalah istilah medis untuk terkumpulnya udara pada rongga Pleura. Rongga Pleura itu sendiri merupakan rongga yang dibatasi dua selaput pleura diantara paru-paru dan dinding dada. Udara yang terkumpul pada rongga ini dapat menekan paru-paru dan dapat membuat paru-paru menjadi mengempis. Berdasarkan penyebabnya Pneumothorax dapat dibagi menjadi Pneumothorax Trauma yang timbul akibat disebabkan cedera pada dinding paru-paru atau dada. Dan Pneumothorax Non Trauma yang terjadi secara spontan tanpa diawali cedera. Apapun jenis Pneumothorax ini merupakan kondisi yang dapat berbahaya yang dapat mengancam nyawa bila tidak segera ditangani secara cepat dan tepat, terutama bila terjadi Tension Pneumothorax. Tension Pneumothorax ini merupakan kondisi di mana udara dari dinding dada dan paru-paru terus masuk ke rongga tersebut, sehingga bukan hanya menekan paru-paru tetapi menekan juga jantung.

• Tennis Elbow

Tennis Elbow mempunyai nama ilmiah Epikonditilis Lateral yaitu rasa sakit pada sikut, yang dapat terjadi karena rusaknya otot dan tendon di area siku. Otot dan Tendon Lengan depan menjadi rusak akibat penggunaan yang berlebihan. Robekan kecil dapat berbentuk dalam serat tendon yang menempelkan otot ke siku, dan menyebabkan rasa nyeri / sakit dan peradangan. Apabila jika siku digerakan menekuk, dan diluruskan, maka otot menggosok tonjolan tulang di lengan depan yang kelak dapat meyebabkan keausan dan kerobekan bertahap pada otot. Gejala dari Tennis Elbow ini bisa diketahui bila anda mengalami rasa nyeri dan menyebar ke seluruh lengan. Nyeri akan bertambah buruk jika anda menggunakan lengan depan anda, seperti berjabat tangan.

• Repetitive Strain Injuries

Pengertian dari Repetitive Strain Injuries (RSI) ini adalah sejenis cidera pada persendian anda akibat ketegangan pada otot atau saraf karena suatu aktivitasi fisik tertentu yang dilakukan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama. Ambil contoh saja Kerja dengan menatap PC dalam waktu lama tanpa adanya gerakan lain.

• Sindrom Carpal Tunnel

Sindrom Carpa Tunnel ini merupakan kondisi dimana jari tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, ataupun nyeri. Bagian yang paling sering terpengaruh adalah jempol, jari tengah dan telunjuk. Gejala yang muncul biasanya akan berkembang secara perlahan, dan akan memburuk di malam hari. Gejala dari Sindrom Carpal Tunnel selain sensasi rasa kesemutan, mati rasa dan rasa sakit pada tiga jari tangan, juga memiliki gejala yang mungkin terjadi yaitu : Ibu Jari melemah, muncul rasa tertusuk pada jari tangan, muncul rasa sakit yang menjalar ke tangan atau lengan. Gejala ini mungkin bisa terjadi hanya pada salah satu lengan saja, tetapi kebanyakan kasus akhirnya mempengaruhi kedua lengan.

• Eye Strain

Eye Strain ini sudah jelas merupakan cedera akibat menatap PC atau layar HP terlalu lama. Eye Strain ini bisa diartikan sebagai sakit mata atau mata lelah, terjadi ketika mata terlalu dipaksakan hanya untul memandang satu arah saja dalam waktu yang cukup lama. Sebenarnya Eye strain ini dapat terjadi dimana saja, tetapi tempat yang paling umum yang menyebabkan eye strain ini adalah menatap layar computer terlalu lama. Terkadang kita semua tidak menyadari menatap layar computer sudah terlalu lama dan tidak menyadari sebenarnya matakita sudah lelah. Kasus untuk pekerja kantoran karena sedang dikejar deadline, sementara dari anak-anak muda jaman sekarang karena terlalu asik bermain game yang suda tenar sekarang. Gejala dari Eye Strain ini sendiri yaitu : sakit kepala, leher kaku, mata gatal atau kering, mata berair, pandangan tidak focus, dan sulit berkonsentrasi ke layar computer.

So Teman teman, bukan hanya atlet saja yang bisa mengalami cedera serius, para pegawai kantoran pun juga rentan dengan cedera.