http://www.solusinyeri.com/article_tennisgolfer.htm

Saya ingin mencoba berbagi info satu per satu tentang cedera karena terlalu menatap lama PC. Di salah satu artikel saya, saya sudah membahas tentang Carpal Tunnel Syndrome. Kali ini saya ingin membagikan info tentang Tennis Elbow (Epikondilitis Lateral) yang termasuk salah satu cedera akibat terlalu lama menatap PC.

• Apa Itu Tennis Elbow (Epikondilitis Lateral)

Tennis Elbow ini merupakan kondisi dimana timbul rasa sakit atau nyeri pada siku, terutama di bagian luar. Hal ini dapat terjadi karena rusaknya otot dan tendon di area siku. Siku itu sendiri terdiri atas 3 yaitu humerus, tulang siku, dan putaran siku. Otot dan tendon yang menghubungkan tulang humerus menonjol pada bagian ini.

Berkat struktur inilah lengan dapat dilipat dan diregangkan. Luka pada otot siku terjadi ketika tendon terpotong atau terhubung dengan relaksasi. Cedera ini biasanya terjadi pada pekerja, atau berolahraga berat, khususnya ketika siku kanan melakukan gerakan berulang ulang.

Penderita Tennis Elbow akan merasakan nyeri pada saat meluruskan tangan dan bisa menjalar dari siku ke lengan bawah. Sendi pada siku ini dikelilingi oleh sekumpulan otot dan mempunyai fungsi untuk menggerakan siku, pergelangan tangan, dan jari tangan.

Bila Otot dan Tendon ini mengalami penegangan, maka peradangan dan robekan dapat terjadi di sisi luar siku.

• Penyebab Dasar

Tennis Elbow ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, tetapi sebagian kasus ketegangan yang berlebihan inilah yang dapat merusak tendon. Membuat robekan kecil yang dapat menyebabkan rasa nyeri di kemudian hari.

Ada kemungkinan robekan ini sudah ada terlebih dahulu sebelum anda merasakan gejala-gejalanya. Resiko cedera Tennis Elbow ini bisa lebih besar jika anda mempunya aktivitas dimana anda harus memutar lengan anda berulang kali.

Olahragawan yang cukup rentan terhadap kondisi ini adalah pemain tennis. Karena hamper 50% pemain tennis mengalami kondisi ini selama karir mereka, sehingga muncul lah nama tennis elbow.

Tetapi bukan berarti cedera ini hanya bisa dialami oleh pemain tennis saja. Tetapi berdasarkan fakta dari semua kasus penderita tennis elbow hanya 5% dari mereka yang disebabkan dari bermain tennis.

Jadi siapa pun bisa mengalami cedera tennis elbow ini, terutama mereka yang bekerja melakukan gerakan yang sama dari lengan. Seperti contoh nya pemain bowling, ahli pembersih, dan tukang kayu. Kondisi cedera ini juga lebih umum terjadi pada usia antara 30 sampai 50 tahun.

• Tanda dan Gejala

Tennis elbow ini memiliki gejala yang mirip dengan peradangan ikatan sendi, tetapi ada perbedaan yang significant adalah jika terjadi pada siku maka jaringan sel tidak membengkak. Gejala-gejala nya antara lain :

1. Rasa sakit yang spesifik pada lengan ketika di gerakkan atau disentuh.

2. Rasa sakit terus menerus, bahkan ketika sedang beristirahat.

3. Rasa Panas terbakar dari siku ke lengan.

4. Pegangan bisa melemah dan terasa sangat sulit untuk mengangkat, menggenggam barang, atau bahkan melakukan hal kecil seperti menulis.

• Perawatan

Untuk perawatan Tennis Elbow ini bisa dilakukan di rumah dengan beberapa cara, yaitu :

• Istirahatkan seluruh lengan untuk memberikan waktu pada tendon agar dapat sembuh, dan bisa membutuhkan waktu cukup lama. Berminggu mingu atau bahkan bisa bulanan.

• Kompres dengan es di daerah yang terkena cedera selama 10-15 menit, dan lakukan beberapa kali per hari.

• Mandi air panas untuk menghilangkan rasa sakit pada siku yang terkena cedera.

• Menjaga siku anda terangkat sesering mungkin, hal ini akan membantu meringankan rasa sakit dan peradangan

Supaya penyembuhan lebih cepat, penting untuk menghindari kegiatan tertentu yang menyebabkan tekanan pada siku yang terkena. Mencengkram erat dan menggunakan pergelangan tangan yang berlebihan harus dihindari.

• Pengobatan

Pada sebagian besar kasus tennis elbow ini bisa disembuhkan tanpa haus menjalani operasi. Tetapi bila tidak bisa, akan disarankan untuk menjalankan Fisiotheraphy. Melalu therapy ini pasien akan dilatih untuk melakukan gerakan yang bervariasi. Theraphy ini bertujuan meregangkan dan menguatkan otot langan secara bertahap.

Selain theraphy tersebut ada juga theraphy ultra sound atau shock wave theraphy. Kedua theraphy ini menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi pada area yang mengalami sakit. Yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

• Cara Mencegah Tennis Elbow

Cedara Tennis Elbow ini merupakan salah satu cidera yang cukup sulit dicegah, karena siku termasuk salah satu bagian tubuh yang paling sering digunakan. Walaupun demikian ada beberapa cara untuk mengurangi kemungkinan terjadinya Tennis Elbow ini, dan menjaga agar gejala tidak bertambah parah, yaitu :

1. Hindari mengangkat beban yang terlalu berat, terutama yang membebani lengan dan pergelangan lengan.

2. Lakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga untuk mencegah terjadinya cedera.

3. Gunakan penyangga pada siku bisa sedang beraktivitas. Namun untuk mencegah cedera bertambah parah, lepaskan lah penyangga pada saat sedang istirahat.

4. Tingkatkan kekuatan otot lengan secara bertahap.

Demikian Info yang bisa saya sampaikan mengenai Tennis Elbow, semoga info ini bermanfaat dan membantu anda untuk lebih hati-hati dalam melakukan aktivitas. Keep Healthy Teman.