Sekitar 4 hingga 5 tahun lalu, virus olahraga lari menyebar luas di Indonesia. Ya, olahraga ini begitu booming di Indonesia. Saat tersebut, olahraga lari menjadi bagian gaya hidup. Beragam event lari pun dapat kita temukan, "Lomba lari kini sudah menjadi semacam bagian dari gaya hidup atau budaya orang Indonesia," tutur Reza Puspo, pendiri komunitas Indo Runners, saat olahraga lari begitu booming di indonesia. Saat ini, seperti halnya tren lainnya, popularitas olahraga lari telah memudar

Nah, mengapa olahraga lari booming di Indonesia saat tersebut? Menurut cnn.com, ada tiga hal yang menyebabkan olahraga lari menjadi populer, yaitu semakin terjebaknya masyarakat ke dalam rutinitas kerja, murah dan fleksibel, serta siapapun bisa menjadi juara event lari.a cedera.

Berbagai Event Unik Ajang Lari

Karena olahraga lari begitu booming saat tersebut, bermunculan beragam event unik ajang lari. Mulai dari yang hanya untuk fun saja hingga yang berformat kompetisi. Misalnya, Ignite Run. Ajang yang berlangsung malam hari di Yogyakarta ini tak hanya diisi oleh kegiatan lari saja. Panita pun menghadirkan Disc Jockey Peform dan Live Music untuk lebih memeriahkan acara. Ada juga ajang lari yang tak kalah seru ,yaitu The Color Run. Dalam ajang lari sejauh lima kilometer ini, para peserta disemprot cat berwarna-warni. Para pesertanya pun diperbolehkan mengenakan pakaian bebas sehingga menjadikan ajang ini lebih colorful.

Terasuki Fashion Style

Menariknya, saat olahraga lari begitu booming, olahraga lari tak sekedar olahraga saja. Tapi juga, sudah terasuki fashion style. Vinny Istarinda, dara cantik yang sempat rutin lari di GBK ini, mengutarakan bahwa mengenakan perlengkapan lengkap akan membuatnya nyaman ketika berlari. Ia pun mengakui bahwa motivasinya akan bertambah kalo memakainya. “Karena jujur, item yang kubeli ini menambah motivasi lari”, tuturnya. Terkait pakaian dan aksesoris olahraga lari, dara ini menjelaskan bahwa yang pertama kali dilihat adalah warna dan desainnya. “Yang pertama kali aku liat pasti desain dan warnanya, setelah itu bermanfaat atau enggak”. Bahkan, ia mengeluarkan uang hingga delapan juta untuk membeli beragam pakaian dan aksesoris olahraga. “Sekali beli, bisa delapan juta,” tuturnya

Manfaat-Manfaat Olahraga Lari

Seperti halnya olahraga lain, lari pun bermanfaat bagi tubuh. Menurut runnerworld.com, manfaat olahraga lain antara lain mengurangi tingkat kesalahan, membuat tidur jadi lebih nyenyak, memperkuat tulang, menjaga ketajaman daya ingat, membuat berpikir lebih panjang, menjaga tekanan darah, mempermudah pernafasan, dan memperpanjang umur. Sedangkan menurut L-men.com, manfaat-manfaatnya antara lain meningkatkan kesehatan, menurunkan berat badan, membangun hubungan sosial, dan meningkatan kepercayaan diri.

Kesimpulannya, virus olahraga lari menjadi hal positif bagi masyarakat. Hanya saja, virus ini tak selamanya hidup. Nah, tertarik berolahraga lari? Agar tak setengah-setengah dan membantu berolahraga lari dengan benar, tak ada salahnya memahami teknik-teknik lari yang benar. Kita dapat rajin membaca artikel tenang teknik lari, menonton video tutorial lari, ataupun bertanya kepada pelari profesional. Bila memahami teknik lari, meminimalisir terjadinya cedera.