Kebugaran

Panas

puncakbukit
Tips Berolahraga Treadmill Bagi Pemula
Kita sudah tak asing lagi dengan treadmill. Bila memiliki budget berlebih, dapat juga membeli alat ini. Bagi yang belum pernah mencobanya, dapat berkunjung ke tempat kebugaran. Alat ini biasanya tersedia di tempat tersebut. Kita dapat berjalan ataupun juga berlari dengan menggunakan treadmill. Nah, bila tergolong pemula, bagaimana agar lebih optimal berolahraga treadmill? Agar lebih optimal, kita dapat mencoba beberapa tips berikut. Sebelum kaki menginjak treadmill, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Tentu saja, agar tubuh kita lebih siap, lebih bugar, dan juga lebih luwes melakukan olahraga ini. Selain itu, menghindari risiko mengalami cedera. Kita dapat menemukan berbagai gerakan-gerakan pemanasan dari YouTube ataupun media lainnyaKita dapat mengatur sudut tanjakan kemiringan lintasan treadmill. Bagi pemula, sebaiknya berlari ataupun berjalan tanpa tanjakan. Bila sudah agak terbiasa, cobalah memperbesar sudut ini. Namun, hindari menggunakan sudut yang terlalu menanjak. Sebabnya, tubuh terutama kaki berisiko mengalami cedera. Biasanya, kemiringan di atas tujuh derajat terasa begitu menanjak bagi kebanyakan orang.Pada treadmill, memang dilengkapi pegangan tangan. Nah, daripada memegangnya, sebaiknya gerakan juga tangan kita seperti halnya kita berjalan ataupun berlari yang sesungguhnya. Menggerak-gerakkan tangan tentunya menjadikan aktivitas olahraga menjadi lebih optimal. Pegangan tangan pada treadmill dirancang agar kita lebih aman dan nyaman menggunakannya. Namun, cenderung menjadikan aktivitas ber-treadmill menjadi kurang optimal. Berhati-hati juga berada di lintasan ini, agar tak terjatuh.Variasikan juga aktivitas berlari dengan aktivitas berjalan. Bila merasa letih berlari, cobalah berlari dengan kecepatan yang lebih pelan atau mengganti aktivitas lari dengan berjalan. Dengan memvariasikan berlari dengan berjalan, menjadikan ber-treadmill lebih santai dan rileks. Sebagai hal penting, meskipun berjalan, tak lantas kaki melangkah begitu lamban. Memang, kurang nyaman berada di atas lintasan treadmill bila kita berjalan begitu lambat. Hindari posisi tubuh yang cenderung membungkuk. Atur posisi badan agar tegak. Pandangan kita pun mesti menghadap ke arah depan. Bila tubuh terlalu membungkuk, tak tertutup kemungkinan kita akan nyeri punggung. Selain itu, akan terasa lebih berat mengangkat kaki.Agar ber-treadmill menjadi lebih menyenangkan dan juga terasa lebih rileks, bayangkan dalam benak kita, kita sedang melewati jalan-jalan favorit kita. Ataupun sedang berada di tempat favorit. Putar juga lagu, agar kita menjadi lebih bersemangat. Dapat mendengarnya via headset ataupun juga speaker. Ber-treadmill pun menguras banyak keringat dan energi. Nah, agar pasokan air bagi tubuh tetap terjaga dan tubuh tetap bugar, bawa air secukupnya. Letakkan botol berisi air pada spot treadmill yang mudah kita jangkau. Saat merasa dahaga, dapat langsung meneguk air. Demikian, beberapa tips berolahraga treadmill bagi pemula. Selamat berolahraga treadmill… Oleh: Rahadian (mas_rahadian@yahoo.co.id) Referensi:https://www.verywellfit.com/tips-for-treadmill-running-2911986 Gambar:https://xterrafitness-bitcadet.netdna-ssl.com/media/catalog/product/optimized/5/5/5570d5185f422427cee859be30d7d02d/main4-700x700_1.jpg Lihat juga:[Seri Steemit Puncak Bukit](https://steemit.com/steemit/@puncakbukit/seri-steemit-puncak-bukit-19-agustus-2018) Puncak Bukit (https://www.puncakbukit.net/)Laporan Olahraga (https://laporan-olahraga.blogspot.com/)
0.00
5
0

davintara
Carpal Tunnel Syndrome
0.00
1
0