Setelah sekian lama tidak membuat artikel tentang masalah olahraga ataupun sports, Pada kesempatan kali ini saya akan membuat konten olahraga kembali yaitu sejarah tentang Ronaldinho atau lebih dikenal dengan biografinya. dia merupakan salah satu lagenda hidup dari FC Barcelona, disinilah dia meraih segalanya dalam sepakbola di dunia.

Ronaldinho merupakan pemain asal Brazil yang saat ini telah berusia 38 tahun, dia saat ini memiliki jabatan sebagai Duta klub FC Barcelona untuk wilayah Amerika Selatan, Hal ini tentu saja karena pemain asal Brazil tersebut legenda tersebut dan mencari bibit bibit unggul untuk masa depan dari wilayah amerika selatan untuk di sekolahkan di klub La Masia,Barcelona.

Ronaldinho memiliki 8 klub yang pernah dibela diantaranya semasa aktif bermain sepak bola seperti Grêmio ini merupakan klub asal Brazil atau pertamanya sebagai pemain profesional, selanjutnya berlabuh ke eropa, tepatnya di prancis dengan club Paris Saint-Germain, Barcelona, A.C. Milan , Flamengo , Atlético Mineiro , Querétaro dan klub terakhir adalah Fluminense FC sebelum gantung sepatu atau pensiun.

Saat bermain untuk klub asal Spanyol yaitu Barcelona di sana dia meraih Liga Champions Eropa, dan beberapa ajang bergengsing lainnya di daratan eropa, disinilah puncak kejayaan ronaldinho sebagai pemain top eropa bahkan dunia. Semasa bermain sepak bola bersama Barcelona dia juga meraih Ballon d'Or pada tahun 2005, selanjutnya Ronaldinho dua kali mendapatkan gelar pemain terbaik dari organisasi sepak bola dunia FIFA yaitu pada tahun 2004 dan 2005, kemudian ia menjadi pemain berpenghasilan tertinggi saat itu bahkan melampaui beberapa pemain top Eropa lainnya pada masanya.

Ronaldinho juga banyak meraih trofi hampir di semua klub yang dibela terutama FC Barcelona, di mana saat di Barcelona dia berhasil meraih 2 kali juara La Liga, satu kali juara liga Champions, dan satu kali Piala Super Spanyol dtentu saja itu merupakan pencapaian yang sangat luar biasa di raihnya pada masa itu. untuk tingkat internasional dia juga meraih pencapaian bersama timnas Brazil yang pertama itu Copa America pada tahun 1999, selanjutnya Piala Dunia 2002, lalu piala konfederasi pada tahun 2005 dan yang terakhir Superclásico de las Américas pada 2011 yang merupakan pencapaian yang dia peroleh bersama Tim Nasional Brazil.

Itulah artikel saya pada kesempatan ini, semoga ini menjadi inspirasi bagi anda ataupun menambah wawasan anda sebagai pencinta sepakbola, saya sangat senang bisa membuat artikel ini dan membagikannya kepada anda.