Pernahkah kita mendengar badan amal Common Goal? Common Goal yaitu badan amal yang bertujuan menciptakan perubahan sosial yang lebih baik melalui sepakbola. Para anggota badan amal ini menyisihkan satu persen dari gaji mereka untuk disumbangkan ke badan amal tersebut. Gaung aktivitas badan amal ini memang kurang terdengar ke berbagai belahan dunia. Sebabnya, Common Goal belum terlalu lama berdiri. Pada tanggal 4 Agustus 2018, Common Goal berusia setahun.

Gambar 1. Logo Common Goal dan Juan Mata

Badan amal Common Goal di-launching pada tanggal 4 Agustus 2017. Badan amal ini merupakan kerja sama Juan Mata dengan organisasi Street Football World. Juan Mata, pesepakbola asal Spanyol yang kini memperkuat Manchester United, menjadi salah satu pendiri badan amal ini. Ia menjadi pesepakbola terdepan yang mengajak para pesepakbola dari berbagai belahan dunia untuk bergabung dengan Common Goal.

Saat peluncuran Common Goal, juan Mata pun membuat tulisan yang berisi keinginannya untuk menyumbangkan satu persen dari gajinya untuk mendukung tujuan badan amal tersebut. “Hari ini, saya akan meluncurkan sesuatu yang saya harap akan merubah dunia, meskipun dalam skala kecil”, tulisnya, dilansir dari situs streetfootballworld.org. “Saya berharap pesepakbola dari seluruh dunia akan membantu saya mewujudkannya”, tambahnya. Juan Mata dikabarkan menerima gaji sekitar 14 ribu Poundsterling per pekan. Mengacu kepada ‘aturan main’ Common Goal, Mata akan menyumbangkan sekitar 6000 poundsterling per bulan.

Beberapa pesepakbola ternama, selain Juan Mata, yang turut menjadi bagian badan amal ini yaitu Mats Hummels (pemain bertahan Bayern Munich), Giorgio Chiellini (pemain bertahan Juventus), dan Kasper Schmeichel (penjaga gawang Leicester City). Selain para pesepakbola, beberapa petinggi organisasi sepakbola pun turut mengambil bagian. Alexander Ceferin, presiden UEFA, turut mengambil bagian. Ceferin yakin bahwa kekuatan sepakbola mampu merubah dunia. Moya Dodd, anggota eksekutif komite AFC, turut juga mengambil bagian. Dodd pun yakin bahwa Common Goal akan menjadikan dunia menjadi lebih baik. Sedangkan pada level klub, FC Nordsjaelland menjadi klub pertama yang menjadi anggota. FC Nordsjaelland yaitu klub yang berasal dari Denmark.

Juan Mata pun mengutarakan bahwa sepakbola memang mampu menjadikan dunia lebih baik. Namun, menurutnya, membutuhkan kerja sama yang solid. “Saya yakin sepakbola mampu merubah dunia”, tutur Juan Mata, dilansir dari situs goal.com. “Tapi, seperti halnya di lapangan, kita harus bekerja sama”, tuturnya.

Turut berpartisipasi di dalam badan amal ini dapat menjadi media bagi pesepakbola dari berbagai belahan dunia untuk saling berbagi. Dan juga, untuk menciptakan perubahan sosial yang lebih baik. Jurgen Griesbeck, CEO organisasi Street Football World, menuturkan bahwa tujuan ia mendirikan organisasi tersebut yaitu untuk menyambungkan sepakbola dengan perubahan sosial yang lebih baik. Semoga Common Goal berhasil mewujudkan tujuan mulianya tersebut.

Oleh: Rahadian

(mas_rahadian@yahoo.co.id)

Referensi:

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Common_Goal_(charity)
  • http://www.goal.com/en/news/common-goal-juan-mata-football-charity/9ebv9emew831k5zs19deolqe
  • https://www.common-goal.org/
  • https://www.streetfootballworld.org/

Gambar:

  • 1a. https://juanmata8.com/wp-content/uploads/2017/10/common-goal-logo-v-1-300x352.png
  • 1b.https://metrouk2.files.wordpress.com/2017/12/897741340.jpg?quality=80&strip=all&zoom=1&resize=644%2C431

Lihat juga: