Kehebatan suatu tim bola tidak lepas dari jerih payah para pelatih yang berhasil meramu komposisi pemain dilengkapi dengan kemampuan individual masing-masing yang kemudian ditempatkan di posisi tertentu, sehingga kemampuan semua anggota tim dapat dimaksimalkan. Selain itu, pelatih juga ibarat orangtua yang mengayomi dan memberikan semangat kepada anggota tim disaat menang ataupun kalah. Seorang pelatih yang melegenda tentu dikarenakan karisma, kepiawaiannya mengelola dan mengembangkan bakat anggota tim serta loyalitas yang tinggi. Adapun beberapa pelatih legenda sepak bola tersebut adalah:
  1. Sir Alex Ferguson
Gambar 1. Sir Alex Ferguson.

Sir Alexander Chapman “Alex” Ferguson merupakan mantan pelatih Manchester United (MU) selama kurang lebih 27 tahun. Alex Ferguson yang berkebangsaan Skotlandia ini mulai menangani MU sejak November 1986 sampai pada tahun 2013. Selama karirnya sebagai pelatih, ‘Opa Fergie’ telah bertugas lebih dari 1000 pertandingan. Ia juga merupakan salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola. Ia juga telah memenangkan trofi terbanyak dibandingkan dengan pelatih lainnya di Inggris. Total 13 gelar telah dimenangkan MU di bawah pimpinan Fergie, dia juga yang pertama kali membuat tim inggris memperoleh Treble Winner di Liga Utama, Piala FA dan Champion UEFA pada tahun 1999. Bahkan beberapa liga dimenangkan pada tahun berikutnya secara beruntun, seperti Piala FA dimenangkan lima kali berturut-turut, Liga Inggris tiga kali berturut-turut (1998-2001).

Awal mula Fergie di MU tidaklah mudah, karena pada masa itu MU berada di titik terendah yang disebabkan oleh masalah alkohol yang sangat parah. Akibatnya tingkat kebugaran para pemain sangat buruk sehingga performa yang ditampilkan ketika bertanding tidak maksimal. Fergie kemudian menerapkan disiplin yang tinggi dan berupaya keras menghilangkan kebiasaan alkohol tersebut. Selain itu, Fergie juga banyak memainkan pemain muda, yang pada masa itu justru diragukan oleh banyak pihak akan kemampuan pemain muda tersebut. Namun hal ini terbantahkan ketika para pemain muda memberikan performa yang fantastis. Beberapa pemain muda tersebut seperti David Beckham dan Ryan Giggs yang bahkan telah terkenal di berbagai belahan dunia..

Alex Ferguson memperoleh gelar kebangsawanan “Sir” dari Ratu Elizabeth karena jasanya memajukan sepak bola Inggris melalui Manchester United sehingga disegani dunia. Puncaknya ketika MU memperoleh Treble Winner pada tahun 1999. Sampai saat ini ada empat pelatih dan pemain dari MU yang memperoleh gelar kebangsawanan “Sir” yaitu Alex Ferguson, Bobby Robson, Mau Busby dan Ole Gunnar Solskjaer.

2. Rinus Michels

Gambar 2. Rinus Michels.

Pria bernama lengkap Marinus Jacobus Hendricus Michels adalah seorang penemu taktik menyerang atau yang disebut total football ini dulunya adalah pemain Ajax Amsterdam, setelah gantung sepatu ia sempat vakum beberapa tahun namun kembali ke Ajax menjadi pelatih. Peran Rinus sangat besar mengangkat nama Ajax Amsterdam karena mampu menjuarai liga utama Belanda pada tahun 1996,1967, 1968, 1970 serta Piala Liga pada tahun 1967, 1970 dan 1971. Selain pelatih Ajax, Rinus juga menjadi pelatih tim “Oranje” Belanda dan berhasil mengejutkan dunia terutama dengan taktik menyerangnya (total football). Statistik kemenangan pada piala dunia 1974 sangat memuaskan dengan gol sebanyak 14. Walaupun akhirnya kalah dari Jerman dengan skor 2-1, namun dunia sudah tidak meragukan lagi taktik menyerang milik Rinus Michels.

3. Ottmar Hitzfeld

Gambar 3. Ottmar Hitzfeld

Pria yang dijuluki der General (The General) ini lahir pada 12 Januari 1949. Ottmar merupakan salah satu pelatih yang paling sukses di Jerman dan sepak bola internasional. Hal ini dikarenakan selama karirnya ia telah mengumpulkan 18 gelar juara. Gelar ini diperoleh ketika ia mengayomi Grasshopper Club Zürich, Borussia Dortmund dan Bayern Munich. Ia juga memperoleh gelar sebagai “World Coach of The Year” sebanyak dua kali, serta satu diantara lima pelatih yang memenangkan Liga Champion dengan dua klub yang berbeda bersama dengan Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, Ernst Happel dan Jupp Heynckes. Kemampuan utama Ottmar bukanlah meramu taktik dan penempatan pemain di posisinya, namun manajemen tim yang sangat baik. Ketika dibawah asuhannya moral para pemain meningkat serta ego berkurang yang diikuti dengan prestasi yang semakin baik. Efek didikan Ottmar paling dirasakan ketika ia menangani Borussia Dortmund sehingga klub ini dikenal dan menjadi tim saingan utama dari Bayern Munchen.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan

(ahmad_sah70@yahoo.com)

Sumber:

  1. http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/02/sejarah-pemberian-gelar-sir-milik-alex.html
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Alex_Ferguson
  3. http://www.goal.com/id/news/1362/sepakbola-belanda/2013/05/21/3994609/profil-rinus-michels-sang-penemu-total-football
  4. https://kumparan.com/@kumparansport/mengenang-dan-melihat-kembali-dortmund-nya-ottmar-hitzfeld

Sumber Gambar:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Alex_Ferguson.jpg
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Rinus_Michels_1984b.jpg
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/File:Otmar_hitzfeld_in_bulgaria.jpg

Lihat Juga: