Berbicara mengenai Ronaldo,ada banyak hal menarik yang dapat kita gali dari seorang sang mega bintang tersebut terkait kemampuannya beraksi di atas lapangan hijau. Salah satunya yaitu kemampuannya meloncatnya yang sangat tinggi. Selain kemampuan ini, gaya tendangan bebasnya pun menarik juga untuk kita gali.

Nah, ketinggian loncatan pemain Juventus dan mantan pemain Real Madrid dan Manchester United ini, menurut suatu penelitian, melebihi ketinggian rata-rata loncatan pebasket yang bergelut dalam kompetisi NBA. Kemampuan ini tentunya lebih memudahkannya menyundul bola. Salah satu loncatan tingginya yaitu saat masih berseragam Real Madrid. Saat Madrid berjumpa dengan Manchester United pada Liga Champions, ia meloncat begitu tinggi untuk menyundul bola. Bola hasil sundulannya berbuah gol melewati hadangan David De Gea, kiper United. Loncatannya mampu melebihi lutut orang dewasa. Saat masih berseragam Manchester United, Ronaldo pun pernah mencetak gol ke gawang Chelsea dengan loncatan tinggi. Inilah salah satu kelebihan pesepakbola berjuluk CR7 ini.

Gambar 1. Ronaldo

Lalu, seberapa tinggi loncatannya? Menurut suatu penelitian, Ronaldo mampu meloncat setinggi 44 centimeter dalam posisi berdiri. Sedangkan bila dalam posisi berlari, Sang CR7 mampu meloncat setinggi 78 centimeter. Nah, mengapa Ronaldo mampu melakukannya?

Kualitas otot mempengaruhi tinggi loncatan. Ronaldo tak terpungkiri dianugerahi kualitas otot yang baik sehingga membantunya meloncat lebih tinggi. Selain kualitas otot, kadar lemak dalam tubuh pun mempengaruhi tinggi loncatan. Semakin rendah kadar lemak, membantu untuk meloncat lebih tinggi. Berdasarkan penelitian tim medis Juventus, kadar lemak dalam tubuh Ronaldo lebih sedikit dibandingkan pesepakbola umumnya. Kandungan lemak dalam tubuh pesepakbola umumnya yaitu berkisar 10% hingga 15%. Sedangkan kandungan lemak dalam tubuh Ronaldo yaitu sekitar 7%. Nah, perpaduan kualitas otot dengan kadar lemak yang rendah ditambah dengan latihan yang giat dan rutin menjadikan loncatannya sangat tinggi. Ronaldo memiliki kadar lemak lebih rendah karena disiplin menjaga asupan pola makannya. Ronaldo pun dikenal sebagai pesepakbola yang giat berlatih.

Hal menarik lainnya yang mesti kita simak terkait loncatannya yaitu Ronaldo seperti tampak melayang saat berada di atas tanah. Dr. Neal Smith, pakar dari Universitas Chichester menuturkan bahwa, Ronaldo memang tampak melayang di atas tanah. Sebabnya, ia menekuk kakinya saat tubuhnya berada di puncak ketinggian. Teknik ini memacu tubuhnya melawan gravitasi bumi sehingga mempertahankan Ronaldo berada di udara lebih lama. Teknik ini pun tentunya lebih memudahkannya kepalanya menjangkau bola yang berada di udara.

Kesimpulannya, tak salah menyebut kemampuan atletisnya memang sangat baik. Meskipun tubuhnya tak setinggi Oliver Bierhoff yang tingginya 1,9 meter Ronaldo tangguh juga dalam bola-bola udara. Bierhoff terkenal tangguh dalam bola-bola udara. Semoga tulisan ini semakin menambah wawasan kita tentang dunia olahraga. Khususnya tentang seorang Cristiano Ronaldo.

Oleh: Rahadian

(mas_rahadian@yahoo.co.id)

Referensi:

  • https://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-2278671/Cristiano-Ronaldo-Why-Real-Madrid-player-jump-higher-else.html
  • https://www.bola.com/dunia/read/3431898/cristiano-ronaldo-memiliki-fisik-pemain-23-tahun

Gambar:

  1. https://i.dailymail.co.uk/i/pix/2013/02/14/article-2278671-17906666000005DC-537_634x393.jpg

Lihat juga: