Dalam tim sepakbola, peran seorang kapten sangat vital. Ia adalah seseorang yang berjiwa seorang pemimpin yang mampu memotivasi dan mengarahkan rekan-rekan setimnya untuk memenangkan pertandingan. Dan juga, agar selalu mengeluarkan perfoma terbaik. Pemilihan seorang kapten tim tentunya dipertimbangkan secara matang-matang. Seorang kapten dalam tim sepakbola mengenakan ban pada lengannya.

Gambar 1. Kapten Messi

Musim ini, Lionel Messi diangkat menjadi kapten utama Barcelona. Ia mengenakan ban kapten pada lenganya. Kapten utama tim asal Catalan ini sebelumnya, yaitu Andres Iniesta, hijrah ke Liga Jepang memperkuat Vissel Kobe. Gelar juara Piala Super Spanyol 2018 menjadi debut manis bagi Messi, setelah diangkat menjadi kapten utama tim. Selain Lionel Messi, terdapat enam pemain yang memulai debutnya sebagai kapten utama. Mereka adalah Asier Illarramendi (Real Sociedad), Asier Riesgo (Eibar), Alexander Szymanowski(Leganes), Alex Graneli(Girona), Diego Godin(Atletico Madrid), dan Sergio Escudero (Sevilla).

Menariknya, 4 tim La Liga memilki hingga 5 kapten. Dengan kata lain, bila kapten utama berhalangan tampil, Bila kapten kedua berhalangan tampil, kapten ketiga akan menggantikan. Begitupun selanjutnya. Bahkan, menariknya lagi, Levante memiliki hingga enam kapten. Levante menjadi tim La Liga yang memiliki kapten terbanyak. Tim yang memiliki 5 kapten yaitu Espanyol, Girona, Valencia, dan Villarreal. Hanya ada dua tim yang secara resmi memiliki satu kapten saja. Yaitu, Alaves dan Celta Vigo. Kapten tim Alaves yaitu Manu Garcia, sedangkan kapten tim Celta Vigo yaitu Hugo Mallo. Barcelona dan Madrid, sebagai tim papan atas La Liga, memiliki empat kapten. Para kapten Real Madrid yaitu Ramos, Marcelo, Benzema, dan Varane. Sedangkan para kapten Barcelona yaitu Messi, Busquet, Pique, dan Sergi Roberto.

Nah, ditinjau dari aspek usia, siapakah kapten tertua dan kapten termuda dalam La Liga? Kapten tertua yaitu Juanjo Camacho, berusia 38 tahun, memperkuat tim SD Huesca. Sedangkan kiper termuda yaitu Hugo Mallo. Kiper berusia 27 tahun yang memperkuat tim Celta Vigo merupakan kapten utama. Para pesepakbola Spanyol pun mendominasi kapten tim La Liga. Hanya ada tim tim yang dikapteni pesepakbola non Spanyol. Yaitu, Lionel Messi (Barcelona/Argentina), Diego Godin(Atletico Madrid/Uruguay), dan Alexander Szymanowski (Girona/ Argentina)..

Bagi Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid, jumlah pertandingan bagi klub menjadi hal yang sangat dipertimbangkan dalam memilih kapten. Messi, Godin, dan Sergio Ramos (kapten Real Madrid) memang telah melakoni banyak pertandingan. Sedangkan beberapa tim lainnya tak mempertimbangkan banyaknya jumlah pertandingan dalam memilih kapten. Contohnya, Rayo Vallecano yang langsung mengangkat Alberto Garcia sebagai kapten utama pada musim pertamanya memperkuat klub.

Itulah, serba-serbi catatan kapten tim La Liga. Sebagai pecinta olahraga sepakbola, terutama para pecinta sepakbola La Liga, tak ada salahnya memperluas wawasan. Semoga para kapten tersebut mampu membawa perubahan positif bagi tim.

Oleh: Rahadian

(mas_rahadian@yahoo.co.id)

Referensi:

  • Harian Topskor 19 September 2018

Gambar:

  • http://img.en.eenaduindia.com/Article/201808102305104467_Messi-named-FC-Barcelona-captain-for-new-season_SECVPF.gif

Lihat juga: