Berbicara Chelsea, berbicara juga sang sosok pelatih yaitu Maurizio Sarri. Pelatih yang menggantikan Antonio Conte ini tak dapat dipungkiri memang membawa perubahan signifikan bagi tim asal London ini. Mari kita tinjau statistik lima pertandingan pertama Chelsea, dilansir dari Harian Topskor.

Gambar 1. Maurizio Sarri

Rata-rata penguasaan bola dalam setiap pertandingan yaitu 77%. Persentase rata-rata keberhasilan passing pendek, dalam setiap pertandingan yaitu 93%. Persentase rata-rata keberhasilan passing di wilayah lawan, dalam setiap pertandingan, yaitu 63%. Hingga pekan kelima Liga Inggris, jumlah passing yaitu 669. Jumlah passing ini menunjukkan bahwa permainan Chelsea begitu dinamis dan mengalir.

Lalu, apa yang menjadi kunci strategi permainan gemilang Chelsea? Jamie Carragher, mantan pemain Liverpool mengutarakan analisisnya terkait perfoma gemilang Chelsea musim ini. Menurutnya, Chelsea saat ini memiliki berbagai rencana atau game plan untuk menghadapi berbagai situasi. Carragher pun mengutarakan bahwa Chelsea tak ingin membuang-buang kesempatan sekecil apapun. Singkatnya, hal-hal kecil pun menjadi perhatian sang pelatih.

Salah satu hal kecil yang sangat diperhatikan, menurut Carragher, yaitu dalam hal kick off. Strategi melakukan kick-off pun tak luput dari perhatian sang pelatih. Sebelum melakukan kick-off, tujuh pemain Chelsea berada di sekitar garis tengah lapangan. Tujuannya, agar para pemain Chelsea mampu menciptakan gol setelah kick off. Dengan menumpuk tujuh pemain di garis tengah lapangan, peluang menciptakan gol lebih besar. “Lebih dari tujuh pemain Chelsea bisa berada di garis lapangan tengah saat mereka memiliki gilirang melakukan kick-off”, tutur Carragher. “Tim akan langsung mendapatkan peluang dengan melakukan permulaan pertandingan dengan cara tersebut”, tambahnya.

Terkait pemain kunci di lini tengah, N’Golo Kante dan Jorginho menjadi dua pemain kunci. Carragher mengutarakan bahwa Jorginho berperan sebagai seorang pengumpan. Sedangkan Kante digeser sedikit ke belakang. “Dalam hal ini, Sarri memilih seorang pengumpan dan sedikit menggeser Kante untuk memberikan ruang”, tuturnya. “Keputusan tersebut memperlihatkan bagaimana Sarri ingin membawa timnya maju (menyerang)”, tambahnya. Inilah salah satu kunci strategi Sarri menguasai lini tengah.

Selain menjadi salah satu pemain kunci bagi Chelsea, Jorginho pun menjadi pemain yang sangat memahami pemikiran strategi Sarri. Sarri memang telah bekerja sama dengan Jorginho selama tiga tahun. Ketika itu, keduanya masih menjadi bagian tim Napoli. Carragher mengutarakan bahwa mantan pemain Napoli dan Hellas Verona ini memiliki sosok sebagai seorang pelatih karena mampu menginstruksikan rekan-rekannya. “Dalam beberapa kesempatan ia terlihat memberi instruksi kepada rekan setimnya”, tuturnya. “Jorginho adalah sosok pelatih di atas lapangan secara nyata”, tambahnya

Bila Chelsea berhasil mempertahankan perfoma apiknya, tak tertutup kemungkinan Chelsea akan meraih berbagai gelar juara. Termasuk juga gelar juara Liga Inggris. Nah, apakah buah pemikiran Sarri berhasil mengantarkan Chelsea meraih berbagai trofi juara? Kita tunggu saja…

Oleh: Rahadian

(mas_rahadian@yahoo.co.id)

Referensi:

  • Harian Topskor 19 September 2018

Gambar:

  • https://cdn.footballfancast.com/wp-content/uploads/2018/08/2018-08-01T183803Z_990051352_RC1A3AFFE2F0_RTRMADP_3_SOCCER-ICC-ARS-CHE-600x400.jpg

Lihat juga: