Saat ini, setiap klub Liga Indonesia memang sulit terlepas dari jasa pemain asing. Hal ini sangat kontras dengan Persib saat Liga Indonesia pertama bergulir. Tanpa pemain asing, Persib berhasil menjadi raja Liga Indonesia pertama yang ketika itu disebut Liga Dunhill

Pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Gelora Utama Bung Karno pada tanggal 30 Juli 1995, Persib berhasil mengalahkan Petrokimia Putra dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal Persib dicetak oleh Sutiono Lamso pada menit ke-76. Kemenangan ini melengkapi gelar juara sebelumnya. Pada kompetisi perserikatan tahun 1994, Persib pun berhasil menjadi juara. Persib pun menjadi satu-satunya tim tanpa pemain asing saat itu

Tak lantas, Persib kekurangan dana untuk merekrut pemain asing. Pada saat tersebut, pemain asing memang pernah ditawarkan kepada Indra Thohir, pelatih Persib saat itu. Ia menuturkan bahwa ia memang pernah ditawari pemain asing untuk memperkuat squadnya. Namun, baginya, ia sangat yakin bahwa para pemain lokal akan mampu bersaing dalam kompetisi Liga Indonesia untuk menjadi juara.

“Saya percaya dengan Robby dan kawan-kawn, percaya pemain walau tanpa pemain asing pun terbukti Persib bisa juara”, tutur Indra Thohir. Saat itu, Persib memiliki generasi pemain terbaik. Beberapa pemain tersebut antara lain Robby Darwis, Yudi Guntara, Yusuf Bachtiar, dan Asep Sumantri. Robby Darwis ditunjuk menjadi sang kapten.

Dengan mencari dan mengembangkan bibit-bibit lokal secara konsisten, tentunya akan terlepas dari ketergantungan terhadap pemain asing.