Premier League trophy. Sumber: Premier League

Perburuan gelar juara Liga Primer Inggris memasuki babak baru di pekan ke-24 ini. Manchester City kembali tergelincir di St. James Park, mereka dikalahkan oleh tuan rumah Newcastle United dengan skor 2-1. Sedangkan Liverpool ditahan imbang tamunya Leicester City dengan skor 1-1. Dengan hasil ini maka jarak antara Liverpool dengan Manchester City melebar menjadi lima poin.

Manchester City datang ke St. James Park kandang Newcastle dengan target menang. City memang menargetkan memenangkan seluruh pertandingan di sisa musim untuk bisa tetap berada dalam jalur perebutan gelar juara liga bersama Liverpool. Publik tuan rumah sempat dibuat tersentak dengan gol cepat Sergio Aguero ketika pertandingan baru berjalan 25 detik. Namun gol balasan Salomon Rondon di menit ke-66 dan gol Matt Ritchie melalui titik putih di menit ke-80 mengubur asa the Citizen untuk mempersempit jarak dengan Liverpool.

Dilihat dari statistik, sebenarnya City mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola 77 persen dan melepaskan 12 tembakan dengan 4 diantaranya mengarah ke gawang. Dibandingkan dengan Newcastle yang menguasai 22 persen bola dan melepaskan hanya 7 tembakan dengan 2 diantaranya mengarah ke gawang.

Dengan hasil ini City tidak beranjak dari posisi kedua klasemen sementara dengan 56 poin, dibayangi oleh Tottenham Hotspur di tempat ketiga dengan 54 poin.

Keesokan harinya giliran Liverpool menjamu Leicester City di Anfield setelah mendapatkan jeda pertandingan 11 hari yang dimanfaatkan betul oleh Klopp untuk mengistirahatkan pemainnya. Kekalahan City sehari sebelumnya ternyata membuat Liverpool gamang dan malah gagal meraih poin penuh di kandang.

Sama seperti City, Liverpool pun mendominasi pertandingan dan sempat unggul melalui gol cepat Sadio Mane di menit ke-3. Namun gol balasan Harry Maguire di penghujung babak pertama membuyarkan mimpi Liverpool untuk memperlebar jarak dengan City menjadi 7 poin. Liverpool harus puas dengan tambahan 1 poin dan memperlebar jarak dengan City menjadi 5 poin saja.

Di pertandingan lainnya Chelsea secara mengejutkan dihancurkan Bournemouth 4-0 dan Manchester United untuk pertama kalinya mendapat hasil seri sejak ditangani oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Hasil pekan ke-24 ini makin mengokohkan posisi Liverpool di puncak klasemen dengan 61 poin, diikuti City dengan 56 poin, Tottenham dengan 54 poin, Arsenal dan Chelsea dengan 47 poin, dan Manchester United dengan 45 poin.

Dengan kata lain, pertarungan sengit bukan hanya terjadi di puncak klasemen antara Liverpool, City, dan Spurs, namun juga pertarungan memperebutkan tempat keempat antara Arsenal, Chelsea, dan Manchester United demi lolos ke Liga Champions musim depan.

Menarik untuk melihat akhir dari kejar-kejaran ini. Akankah Liverpool menjadi juara untuk pertama kalinya sejak format Liga Primer dimulai? Dan siapa sajakah yang berhasil menempati posisi empat besar dan lolos ke Liga Champions musim depan? Dengan 14 pertandingan tersisa, banyak hal yang masih bisa terjadi.