Marek Hamsik. Sumber: Getty Images

Pelatih Napoli Carlo Ancelotti telah mengkonfirmasi bahwa Marek Hamsik sedang dalam pembicaraan mengenai kepindahannya dari Napoli ke Dalian Yifang di Liga Super China.

Klub-klub di Liga Super China memang tengah gencar mendekati beberapa pemain di Serie A, dan kebanyakan klub Serie A menolak menjual pemainnya ke klub China seperti Juventus dan Lazio. Namun Napoli ternyata bersedia untuk melepas Hamsik yang sudah 12 tahun membela klub tersebut.

Hamsik adalah legenda Napoli. Ia bergabung dengan klub kota Naples tersebut pada tahun 2007 dari Brescia dengan transfer 5,5 juta euro. Dalam 12 tahun, Hamsik telah membela Napoli dalam 520 pertandingan dan mencetak 121 gol di semua kompetisi, melampaui legenda Napoli lainnya Diego Maradona. Tidak ada pemain Napoli lain yang melampaui pencapain Hamsik tersebut.

Dalian Yifang diberitakan membeli Hamsik dengan harga 20 juta euro atau setara dengan 319 miliar rupiah. Di China, Hamsik akan memperoleh gaji sebesar 9 juta euro atau setara dengan 143 miliar rupiah per musim. Jumlah yang amat fantastis dan sulit untuk ditolak oleh pemain 31 tahun asal Slovakia tersebut.

Dengan transfer ini, Liga Super China kembali mengukuhkan posisinya sebagai liga tempat pemain-pemain top Eropa berlabuh menjelang masa pensiunnya. China sebagai kekuatan ekonomi baru global turut mempengaruhi perkembangan dunia sepakbola negeri tirai bambu tersebut. Dengan kekuatan finansial yang luar biasa dari perusahaan-perusahaan raksasa China, klub-klub di Liga Super China sanggup mendatangkan pemain-pemain top Eropa untuk merumput di China, beberapa pemain bahkan masih dalam masa emas mereka.

Kekuatan finansial klub-klub Liga Super China bahkan sulit ditandingi oleh klub-klub Eropa dan Amerika (MLS). Itu pula sebabnya klub-klub MLS banyak beralih mencari pemain muda dari Amerika Selatan ketimbang harus bersaing dengan klub-klub China memperebutkan pemain-pemain tua Eropa.

Semoga sukses di China, Hamsik!