Baghdad Bounedjah. Sumber: Goal

Siapakah pencetak gol terbanyak di dunia tahun 2018? Bukan Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo, tapi Baghdad Bounedjah, pemain Algeria yang bermain di Liga Qatar untuk klub Al Sadd. Sepanjang tahun 2018 ia berhasil menyarangkan 59 gol, melewati Lionel Messi dengan 51 gol, Cristiano Ronaldo dengan 49 gol, Robert Lewandowski dengan 46 gol, dan Diogo dengan 43 gol.

Yang membuatnya lebih istimewa adalah ia membukukan 59 gol hanya dari 40 pertandingan saja. Bandingkan dengan Lionel Messi yang membutuhkan 54 pertandingan untuk mencetak 51 gol, atau Cristiano Ronaldo yang membutuhkan 53 pertandingan untuk mencetak 49 gol.

Namun tentu saja kita tidak bisa membandingkan begitu saja bermain di zona Asia (AFC dengan di zona Eropa (UEFA). Tingkat kesulitan dan ketatnya kompetisi di Eropa membuat catatan gol Messi dan Ronaldo terasa lebih istimewa dibanding Bounedjah.

Namun demikian, catatan impresif Bounedjah tersebut tetap mengundang perhatian dari klub-klub Eropa. Diantaranya adalah klub Liga Primer Inggris Leeds United yang menyatakan minatnya untuk memboyong Bounedjah. Namun keinginan itu kabarnya kandas lantaran sang pemain tidak sepakat dengan besaran gaji yang ditawarkan.

Agak sayang memang melewatkan kesempatan bermain di Inggris dan malah memilih tetap di Qatar. Namun tiap pesepakbola tentunya punya pertimbangan masing-masing, dan uang memang menjadi salah satu faktor penting dalam pengambilan keputusan seorang pesepakbola.

Kendati demikian, Pelatih Tim Nasional Algeria Djamel Belmadi memastikan tempat Bounedjah di Timnas Algeria aman walau ia memutuskan bertahan di Qatar. Walaupun ia berpendapat bahwa berkarir di Eropa akan bagus bagi Bounedjah, namun waktunya kurang tepat. Jika ia pindah sekarang maka ia butuh waktu beradaptasi dan mungkin tidak akan dimainkan terlebih dahulu, padahal pada pertengahan tahun akan berlangsung Africa Cup of Nations (Afcon) dimana Bounedjah dituntut tampil reguler di klub untuk bisa dipilih dalam timnas.