Son Heung-Min. Sumber: Getty Images

Tottenham Hotspur kembali akan kehilangan bintang mereka Son Heung-Min karena sang pemain harus membela Korea Selatan dalam ajang Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab. Hal ini tentu merupakan pukulan telak bagi Tottenham mengingat mereka sedang berjuang memperebutkan gelar juara Liga Primer Inggris. Son tampil impresif di Tottenham, ia mencetak 9 gol dari 10 laga terakhir.

Pelatih Tottenham Mauricio Pochettino mengatakan bahwa timnya sudah mengantisipasi kepergian Son sejak awal musim, karena itu ia tidak merasa terganggu. Namun kehilangan seorang bintang di saat perebutan gelar juara liga sedang memanas tentu tidak menguntungkan buat Spurs.

Tahun 2018 kemarin Son sudah pergi dua kali untuk membela Korea Selatan, yaitu saat Piala Dunia di Rusia dan Asian Games di Indonesia. Dan sekarang Son kembali meninggalkan Spurs untuk membela Korea Selatan di Piala Asia. Son mengaku sedih meninggalkan Spurs dalam kondisi seperti ini, namun ia mengaku tidak bisa berbuat banyak karena membela negara juga penting baginya. Karena jasanya membela Korea Selatan di ajang internasional, Son bahkan dibebaskan dari wajib militer.

Son akan mulai meninggalkan Spurs pada 13 Januari, ia meminta dispensasi untuk terlambat bergabung dengan Timnas Korea Selatan dan melewatkan dua pertandingan awal melawan Filipina dan Kyrgyzstan. Ia baru akan bergabung saat Korea Selatan menghadapi Cina. Son diperkirakan baru akan kembali setelah Piala Asia berakhir pada awal Februari, karena Korea Selatan merupakan salah satu favorit juara yang diperkirakan akan bertahan sampai babak final.

Jika Korea Selatan masuk final, maka Son akan melewatkan empat pertandingan Spurs. Tiga diantaranya di Liga Primer melawan Fulham, Watford, dan Newcastle United, dan satu pertandingan di Carabao Cup melawan Chelsea.