Tergelincirnya Valentino Rossi di GP Malaysia mengubur impiannya untuk memenangi balapan. Hingga empat lap sisa, perfoma Rossi memang menjanjikan. Ia memimpin di depan. Namun, saat menikung, Rossi tergelincir. Posisi pertama lalu diambil oleh oleh Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol yang telah meraih juara dunia ini akhirnya memenangi balapan. Tergelincirnya Rossi tentunya sangat mengecewakan baginya. Tentu saja, karena Rossi sedang memimpin balapan.

Joni Lono Mulia, pengamat MotoGP yang sering diundang sebagai komentator, menuturkan bahwa Rossi tergelincir karena ban motornya overspin saat menikung "Motor Rossi mengalami overspin saat menikung pada ban belakang", tutur Joni Lono Mulia, Overspin yaitu kondisi putaran ban motor tak sesuai dengan kecepatan motor. Saat Rossi menurunkan gas untuk menikung, ban belakangnya mengalami overspin. Akibatnya, motor menjadi sulit dikendalikan. Rossi pun kehilangan keseimbangan saat menikung lalu tergelincir. "Jelas sekali dapat kita lihat pada tayangan ulang, ban belakang overspin", tuturnya.

Joni pun menegaskan bahwa permasalahan overspin termasuk salah satu permasalahan yang sulit teratasi oleh teknisi Yamaha musim ini .Joni pun mengamati bahwa Rossi telah menurunkan kecepatannya untuk mengatasi overspin, "Saya amati Rossi sudah berusaha lebih menurunkan kecepatannya supaya tak overspin", tutur Selain permasalahan overspin, Joni pun mengutarakan bahwa perfoma Yamaha pun kurang meyakinkan musim ini. "Johan Zarco pun begitu mudah disusul disini", tuturnya. Johan Zarco yaitu pembalap Yamaha. Pada 25 balapan sebelumnya sebelum MotoGP Australia, Yamaha puntak berhasil meraih kemenangan.

Terkait ketidakberhasilannya mencapai finnish pada GP Malaysia, Rossi menuturkan bahwa hal ini menjadi kesalahan pertamanya dalam musim ini. "Saya harus berkata bahwa ini menjadi kesalahan saya musim ini, saya selalu mencapai finnish kecuali di Argentina", tuturnya. "Saya digagalkan oleh hal ini ",tuturnya. Semoga perfoma tim Yamaha membaik pada MotoGP musim mendatang. Kita pun akan menyaksikan balapan MotoGP yang lebih seru dan menegangkan.