Sepak Takraw ialah merupakan olahraga campuran dari sepakbola dan bola voli, sepak takraw ini suatu olahraga lebih mengutamakan kekuatan kaki, karena apabila kita mengamati secara mendetail olahraga sepak takraw suatu gambungan atau perpaduan antara permainan bola voli dan permainan sepakbola karena untuk mengentuh bola bisa dilakukan sebanyak tiga kali dan menggunakan net layaknya permainan voli dan akan tetapi dilakukan dengan menggunakan Kaki. mungkin berbeda dengan olahraga yang lainnya.

Sejarah Olahraga Sepak Takraw ini berasal dari zaman kesultanan Melayu pada 634-713 M yang dalam bahasa Melayu lebih dikenal sebagai sepak raga. Untuk bolanya sendiri terbuat dari anyaman rotan serta pemain berdiri membentuk lingkaran. pada zaman kesultanan Melayu, tepatnya di sekitar abad ke-15, sepak takraw dimainkan untuk pertama kalinya dalam sejarah. Namun saat itu olahraga ini belum bernama sepak takraw, melainkan "sepak raga".

Nama sepak takraw tersendiri diambil dari bahasa Melayu dan bahasa Thailand. Kata “sepak” berasal dari bahasa Melayu yang artinya menendang. Sedangkan untuk kata “takraw” berasal dari bahasa Thailand yang artinya bola yang dianyam. dalam penentuan nama tersebut tentu dikarenakan hasil kesepakatan dari kedua daerah yang menemukan olahraga ini, yaitu Malaysia dengan Thailand. Dari kedua negara tadi, permainan olahraga ini saat ini sudah menyebar ke berbagai negara lain.

Pada tahun 1970an, olahraga sepak takraw ini mulai masuk ke wilayah-wilayah di Indonesia. Olahraga sepak takraw ini dibawa oleh bangsa Malaysia dan Singapura yang sedang berkelana ke negara Indonesia. Bagaimanapun, permainan sepak takraw ini juga sebenarnya sudah dikenal oleh bangsa Indonesia sejak dahulu. Hanya saja, sepak takraw di Indonesia kala itu hanya sebatas permainan tradisional.

Sejak pertama kedatangan bangsa Malaysia dan Singapura yang membawa masuk permainan ini ke Indonesia, Olahraga sepak takraw ini mulai banyak diminati. pertama-tama di Sulawesi dan Sumatera sepak takraw paling cepat berkembang. dasar induk olahraga sepak takraw di Indonesia sendiri terlahir pada tahun 1971. Organisasi yang menjadi induk olahraga ini bernama PERSERASI. Dan pada tahun 1980, kejuaran nasional sepak takraw untuk pertama kalinya ada di Indonesia.

Teknik Dasar

Teknik dasar sepak takraw ialah dapat dilakukan dengan kaki, dada, serta kepala, asalkan bola bisa memantul dengan baik. Teknik ini cara melakukannya hampir sama dengan perminan sepak bola. Hanya saja yang membedakannya adalah sentuhan sepak takraw hanya diperbolehkan satu kali sentuhan saja, kecuali ketika melakukan bendungan atau blocking. Nah, jika diluar dari peraturan yang ada maka termasuk suatu pelanggaran. Upaya untuk dapat bermain sepak takraw yang baik haruslah mengenal dan mampu menguasai ketrampilan yang baik tentang dasar bermain sepak takraw.

1.Sepak sila adalah menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam gunanya untuk menerima dan menimang bola, mengumpan dan menyelamatkan serangan dari lawan.

2.Sepak kuda atau sepak kura adalah sepak dengan menggunakan kura kaki atau dengan punggung kaki. Digunakan untuk menyelamatkan bola dari serangan lawan, memainkan bola dengan usaha menyelamatkan bola dan mengambil bola yang rendah.

3.Sepak cungkil adalah menyepak bola dengan menggunakan kaki (jari kaki). Digunakan untuk mengambil bola yang jauh, rendah dan bola-bola yang liar pantulan dari bloking.

4.Menapak adalah menyepak bola dengan menggunakan telapak kaki. Digunakan untuk smash ke pihak lawan, menahan atau membloking smash dari pihak lawan dan menyelamatkan bola dekat net (jaring).

5.Sepak badek adalah menyepak bola dengan kaki bagian luar atau samping luar. Digunakan untuk menyelamatkan bola dari pihak lawan dan mengontrol bola dalam usaha penyelamatan.

6.Main Kepala (heading) adalah memainkan bola dengan kepala. Digunakan untuk menerima bola pertama dari pihak lawan, meyelamatkan bola dari serangan lawan.

7.Mendada adalah memainkan bola dengan dada, digunakan untuk mengontrol bola untuk dapat dimainkan selanjutnya.

8.Memaha adalah memainkan bola dengan paha dalam usaha mengontrol bola, digunakan untuk menahan, menerima dan menyelamatkan bola dari serangan lawan.

9.Membahu adalah memainkan bola dengan bahu dalam usaha mempertahankan dari serangan pihak lawan yang mendadak, dimana pihak pertahanan dalam keadaan terdesak dan dalam posisi yang kurang baik.

Ukuran dan Berat Bola Sepak Takraw Standar PSTI (Persatuan Sepak Takraw Indonesia) Terbuat dari rotan yang berlapis sejumlah 9 atau 11 lilitan kemudian dianyam bulat hingga ukuran lingkaran 41-43 cm. Jumlah lubang pada bola sepak takraw adalah 12 lubang. Berat bola sepak takraw 160-180 gram.

Demikian lah sedikit penjelasan tentang sejarah olahraga sepak takraw dan teknik dasar, semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih. Sumber referensi:https://satujam.com