Perusahaan Nike tidak akan memperbarui kontrak dengan Maria Sharapova, yang berakhir pada akhir tahun ini, dan untuk pemain Rusia itu telah menerima hampir $ 9 juta per tahun.

Nike menjadi sponsor utama utama Sharapova, ketika Sharapova masih kecil, pada tahun 1998. Gadis Rusia dari Nika Boletteri Academy dipekerjakan untuk kontrak di IMG (salah satu agen olahraga terbesar di dunia), dan manajer pribadinya, Max Ayzenbad , meyakinkan para sponsor tentang potensi besar atlet. Sharapova sendiri baru berusia 11 tahun kala itu. Tiga tahun kemudian, ia melakukan debut di tur profesionalnya, pada tahun 2004 ia berhasil memenangkan Wimbledon, Kejuaraan Final WTA dan menjadi superstar. Sehingga ia mendapatkan kontrak iklan seperti tumpah ruah. Tidak heran penghasilannya telah tumbuh menjadi nilai yang luar biasa.

"Ketika saya kembali dari London setelah kemenangan, saya pergi ke toko pakaian biasa, dan tiba-tiba saya menyadari sendiri bahwa sekarang saya bisa membeli semuanya. Meskipun sebelum itu kami terus menyelamatkan semuanya," tulis Sharapova dalam otobiografinya.

Pada saat yang sama, Nike tetap menjadi mitra terbesar dan paling setia Sharapova. Pada tahun 2010, perusahaan menandatangani perjanjian baru dengan total $ 70 juta. Jangka waktu kontrak hingga akhir 2018. Menurut dia, raket pertama di dunia menerima sekitar 8,7 juta setahun, yang merupakan bagian besar dari total pendapatan Sharapova, yang berkisar 22-27 juta dolar selama 12 bulan. Kesepakatan itu sendiri adalah yang terbesar dalam sejarah olahraga wanita, dan dialah yang, pada awalnya, menjadikan Sharapova atlet bayaran tertinggi di planet ini selama bertahun-tahun. Sebagai perbandingan - ukuran total hadiah di musim terbaik, yang paling sukses, dia tidak lebih dari 7 juta dolar.

Apa yang sedang terjadi sekarang?

Maret 2016, ketika Sharapova mengakui bahwa dia lulus tes doping positif untuk meldonium, Nike menjadi salah satu sponsor pertama, yang menghentikan kemitraan dengan Sharapova. Ngomong-ngomong, perusahaan-perusahaan lain berpaling dari orang-orang Rusia, tetapi tidak semua yang dia kontrak dengannya. Tiga bulan kemudian, ketika hasrat itu mereda, Nike kembali bekerja dengan wanita Rusia itu. Tahun ini, total durasi kemitraan mereka telah mencapai 20 tahun! Pada pertengahan Agustus, tepat sebelum AS Terbuka, Sharapova dan Nikem memperkenalkan koleksi pakaian baru, dan koleksi sepatu baru. Tetapi hanya dua bulan kemudian ditemukan bahwa perusahaan tidak berencana untuk memperbarui kontrak dengan itu, yang berakhir pada 31 Desember. Secara resmi, ini belum diumumkan, tetapi tidak ada asap tanpa api, dan orang dalam jarang membuat kesalahan dalam situasi seperti itu.

By the way, Sharapova bukan satu-satunya klien teratas yang ditolak oleh Nike tahun ini. Jadi, pada musim semi perusahaan tidak memperbarui kontrak dengan Roger Federer sendiri. Perjanjian, yang katanya Swiss memperoleh $ 10-12 juta dolar setahun selama 10 tahun terakhir, berakhir 1 Maret. Ini konyol untuk membayangkan dan menakutkan untuk mengatakan, tetapi sampai Wimbledon, pemain tenis paling terkenal dalam sejarah tidak memiliki peralatan resmi . Dia terus bermain Nike, tetapi tidak lagi menerima uang ekstra untuk itu. Setelah turnamen, Swiss menandatangani perjanjian dengan perusahaan Jepang, Uniqlo - 100 juta dolar dalam 10 tahun. Dia akan dibayar 10 juta setahun, terlepas dari berapa lama Roger akan melanjutkan karirnya. Nike, pertama-tama, menawarkan Federer setengah jumlahnya ($ 5 juta per tahun). Dan, hanya untuk jangka waktu sementara dia tetap tur.