Final Shanghai Rolex Masters, Novak Djokovic berhasil mengalahkan Borna Coric yang berusia 21 tahun dengan hasil skor 6: 3 dan 6: 4

Masalah utama Coric adalah dia terlalu mirip dengan Novak. Mereka memainkan tenis yang sama, dan Novak lebih kuat di dalamnya. Ini tentang masalah yang sama seperti Andy Murray: semua hal lain dianggap sama, mereka tidak bisa mengalahkan seorang Serbia dengan mengorbankan permainan normal mereka.

Ketika Coric mulai bertukar bukan dengan pasukan mematikan, yang segera membuat Djokovic kehilangan posisinya, ia membutuhkan upaya yang luar biasa untuk menaklukkannya. Contoh sempurna adalah lelucon gila dengan skor 1: 2 di set pertama, saat Coric menerima beberapa pukulan, masing-masing akan menyingkirkan lawan lainnya. Dan ini terlepas dari fakta bahwa di Shanghai salah satu pengadilan tercepat dalam sebuah tur.

Sebelum skor 2: 2, Coric tetap sama dengan Djokovic karena kualitas pertama dilayani. Namun seiring waktu pertandingan, stamina Coric mulai menurun, Djokovic beradaptasi dengan dia, dan di hampir semua permainan di resepsi menempel dan memiliki peluang. Dia jauh lebih stabil dan menggunakan kelemahan Coric: misalnya, dia membuat istirahat pertama, karena lawannya pertama memiliki dua forehand untuk dua poin (dua kesalahan hampir identik dari salib ke net), dan kemudian setelah beberapa menit perjuangan, backhand pergi ke suatu tempat (dua kesalahan hampir identik di sepanjang garis).

Bourna tidak bisa secara konsisten menciptakan masalah bagi Djokovic dengan kombinasi favoritnya. Misalnya, ia mencoba untuk menghancurkan salib dengan backhand untuk beberapa pukulan, dan kemudian mengalahkannya di garis depan (di putaran ketiga, ia sering menyiksa Del Potro), tetapi pemain Serbia itu mengatasinya tanpa masalah. Pada saat yang sama, Djokovic sendiri secara teratur dan dengan mudah mencegat inisiatif dan mendorong lawan ke pertahanan dengan terjemahan yang tajam di sepanjang garis.

Satu-satunya kesempatan Coric adalah agresi , tetapi bukan tipikal dia dalam skala yang secara konsisten diperlukan untuk mengalahkan Djokovic hari ini. Akibatnya, dalam mencoba untuk melampaui kenyamanan untuk tenis Serbia, Born meninggalkan zona nyamannya sendiri dan salah banyak. Plus, pada awal set kedua, ia benar-benar mengubur dirinya dengan satu kesalahan, ketika seorang Serbia menjatuhkannya keluar lapangan dengan break-point, pergi untuk mencetak unjuk rasa, tetapi tampak bingung dan ditembak.

Dia mengubur dirinya sendiri, karena Djokovic di atas lapangan tidak dapat dijangkau . Di final, Coric hanya memiliki satu break point: di tengah set kedua, ia mendapatkan backhand line-nya pada kecepatan 143 km / jam, dan kehilangan kesalahan dengan forehand yang terlalu agresif, setelah itu Novak memberi dua lemparan tak bertanda dan menarik permainan. Secara umum, Djokovic memiliki angka kosmik: lebih dari 90% dari gol pertama dimenangkan dan 70% dari yang kedua.

Orang-orang Serbia bertugas di level ini sepanjang turnamen: dalam lima pertandingan, lawan hanya memiliki empat break point, dan dia memainkan segalanya. Akibatnya, ia menjadi satu-satunya pemain ketiga yang mengambil Masters, tidak pernah menyerah . Sebelum dia, Roger Federer dan Alexander Zverev melakukannya.

Coric di turnamen ini adalah anak yang hebat: dia memiliki kemenangan atas Wawrinka, del Potro dan Federer, final pertama Masters, permainan matang yang sangat berkualitas tinggi. Tapi di final dia bertemu dengan saingan yang mengerikan.

Djokovic sekarang adalah pemain tenis terbaik di planet ini dan sejak bermain di tahun 2011 dan 2015, ketika dominasinya tidak bersyarat. Di Shanghai, ia memenangkan pertandingan ke-18 dan gelar ketiga berturut-turut, selama seri mengambil dua Masters dan AS Terbuka. Dan jika Anda melihat sedikit lebih lebar, maka di paruh kedua musim ia memiliki 27 kemenangan dalam 28 pertandingan dan empat gelar dalam lima turnamen.

Menyusul hasil Shanghai Djokovic akan melewati Federer dan akan menjadi raket kedua dunia. Selain itu, jaraknya dari Nadal pertama hanya 215 poin. Dan jika Anda hanya melihat poin yang diperoleh tahun ini, maka umumnya hanya 35 saja.